Manfaat Ikan Pari Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Pari Untuk Kesehatan
======================================





Ikan Pari adalah jenis ikan laut yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan keberadaannya sering dijadikan ikan tontonan. Ia kerap ditempatkan dalam aquarium besar di objek wisata berbasis air. Ukuran tubuhnya yang raksasa dianggap sangat unik dan perkasa. Berenang-renang dengan Pari menjadi kegemaran para penyelam, meski bentuk tubuhnya yang lebar membuat bergidik.

Ikan Pari juga kerap dijadikan bahan masakan seafood. Pari cocok untuk dibakar karena bentuk tubuhnya yang tipis, sehingga bumbu mudah meresap. Konon bagi para penikmat Pari, hal paling menyebalkan dari masak Pari adalah baunya. Memang Pari mengeluarkan bau yang busuk, sangat tidak enak. Tapi kalau soal rasa, tentu juara.



Sebagaimana banyak ikan laut lainnya, Pari mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan lemak HDL nya bisa memberantas lemak LDL. Sehingga tubuh terbebas dari penyakit aterosklerosis. Selain itu, kandungan proteinnya juga sangat tinggi. Cocok untuk dimakan oleh mereka yang sedang dalam usaha membentuk otot. Selanjutnya, tentang manfaat Ikan Pari akan dipaparkan di bawah ini:
1. Ikan Pari Mampu Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan merupakan terjadinya sesuatu gangguan pada saluran pencernaan. Serat pada protein ikan pari hanya memiliki rantai penyusun protein yang pendek, Sehingga penyerapan lebih cepat dan mudah. Namun hal tersebut tidak memberatkan kinerja pada usus halus, sehingga dapat membantu proses pencernaan.
2. Mengontrol Kadar Kolesterol

Salah satu kandungan yang terdapat pada ikan pari yang membantu proses pertumbuhan adalah omega 3 atau asam lemak tak jenuh. Kandungan tersebut ini berfungsi dengan baik dalam menjaga stamina tubuh agar tetap sehat. Salah satu kandungan yang dapat mengontrol kolesetrol tubuh agar tetap normal berasal dari manfaat omega 3. Kandungan tersebut di dalamnya terdapat EPA dan DHA mampu menurunkan kolestrol tinggi dan mengikat lemak.
3. Mengandung Fluorida

Fluorida merupakan salah satu mineral pembentuk gigi dan tulang seperti contoh mineral lain yaitu kalsium dan fosfor. Zat tersebut memang harus dipenuhi sejak dini, yakni sejak anak-anak karena gigi mereka sedang mengalami pertumbuhan, sedangkan orang-orang dewasa memerlukan fluoride karena membutuhkan perlindungan dari pembusukan di dalam mulut. Oleh karena itu anda perlu rutin mengkonsumsi ikan pari.
4. Mengandung Kalsium

Kalsium merupakan zat yang diperlukan untuk memperkuat tulang agar tidak keropos. Biasanya kalsium terdapat pada susu, tapi pada jenis makanan lain juga bisa ditemukan zat tersebut, misalnya pada ikan pari.
5. Manfaat Ikan Pari Mencegah Stroke

Stroke terjadi karena ada penyumbatan, penyempitan serta pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga asupan darah dan oksigen yang menuju ke otak semakin menurun dan dapat membuat sel-sel syaraf otak menjadi mati. Untuk itu anda perlu mengonsumsi ikan pari sebagai pencegahannya.
6. Mengandung Vitamin A

Vitamin A mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan indera penglihatan manusia, karena kandungan retinol yang ada pada vitamin A berfungsi menangkap cahaya dan objek yang diterima retina mata kemudian menyampaikannya menuju ke otak sebagai suatu gambar. Untuk itu kita perlu mengkonsumsi ikan pari.
7. Mengandung Vitamin D

Fungsi kandungan vitamin D dalam ikan pari, berperan untuk menjaga kekuatan tulang. Makanan jenis ini sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Namun untuk remaja, orang dewasa,maupun lanjut usia juga bisa untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah rapuh.
8. Mengandung Fosfor

Dalam ikan pari terdapat kandungan fosfor yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia yaitu membantu pencernaan, memberi energi, dan kekuatan untuk metabolisme tubuh, serta sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi. Untuk itu ikan ini baik untuk di konsumsi.
9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangat berperan penting dalam kesehatan tubuh manusia, semakin tinggi kekebalan tubuh maka akan semakin susah pula terserang penyakit, dan sebaliknya jika seseorang semakin rendah sitem kekebalannya maka akan mudah sakit. Dengan mengonsumsi ikan pari dapat menjadi solusi untuk meningkatkannya.
10. Manfaat Ikan Pari Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala sering muncul tiba-tiba, bisa diakibatkan sistem kekebalan tubuh anda sedang turun, kurang istirahat dan terlalu banyak aktivitas. Untuk itu cobalah mengonsumsi ikan pari karena dapat berkhasiat mengatasinya.

Komentar